RANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI MAHASISWA ASAL PAPUA SEKOLAH TINGGI TEKNIK PLN

Jumiati, Jumiati and Yayi, Sri and Yuliansyah, Yuliansyah (2020) RANCANGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI MAHASISWA ASAL PAPUA SEKOLAH TINGGI TEKNIK PLN. Jurnal Syntax Admiration, 1 (3). pp. 153-164. ISSN 2722-7782

[img] Text
Rancangan Pembelajaran Bahasa Indonesia.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://jurnalsyntaxadmiration.com/index.php/jurna...

Abstract

Banyak mahasiswa dari Papua menempuh pendidikan di Jakarta namun seperti tidak mempelajari apa-apa. Faktanya, sebagian besar dari mereka belum bisa berbicara dengan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, bahkan, ada juga siswa yang belum menguasai kosa kata Bahasa Indonesia. Fenomena kesulitan belajar terjadi karena adanya persoalan serius dalam pendidikan di Indonesia salah satunya kurangnya penguasaan Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media teknologi informasi dalam mengembangkan kemampuan mahasiswa Papua untuk menyerap berbagai pengetahuan yang disampaikan dosen. Penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dan survey-deskriptif korelasional yaitu penelitian yang dilakukan untuk memperoleh informasi mengenai data, kemudian diolah menggunakan statistik dengan tahapan studi pendahuluan dan dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Tahap pengembangan dilakukan dengan ujicoba terbatas pada pengajaran konvesional dosen dengan menerapkan metode eksprimen (single one shot case study). Setelah ada perbaikan dari uji terbatas maka dilanjutkan dengan uji yang lebih luas dengan metode eksprimen dalam bentuk kelompok (one group pretest-postest). Terakhir adalah validasi model pengajaran berbasis teknologi informasi dengan metode eksprimen. Obyek dilatih menggunakan laptop sebagai sarana pengembangan ketrampilan berbahasa. Hal tersebut menunjukan bahwa memang terdapat pengaruh antara penggunaan teknologi informasi dengan penguasaan bahasa yang meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Penelitian diharapkan dapat membantu memecahkan masalah kesulitan belajar mahasiswa Papua di Sekolah Tinggi Teknik-PLN melalui penguasaan Bahasa Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Teknologi informasi; Papua; bahasa Indonesia dan pengembangan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan (FKET) > D3 Teknologi Listrik
Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan (FKET) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Mr. Yuliansyah ., SE., MM
Date Deposited: 18 Aug 2022 03:50
Last Modified: 18 Aug 2022 03:50
URI: http://repo.itpln.ac.id/id/eprint/275

Actions (login required)

View Item View Item